Table top disebut-sebut sebagai salah satu elemen yang membuat harga dapur jadi membengkak. Bisa jadi anggapan ini benar. Asal jeli memilih materialnya, Anda dapat menekan bujet, tanpa harus meninggalkan sisi keindahan dapur.

KAYU SOLID Kayu solid menjadi material yang sedang digandrungi saat ini. Pasalnya, toko retail sekelas IKEA, toko perabot rumah tangga, menggunakan kayu solid sebagai material pelengkap koleksi dapur mereka. Terbentuk dari kayu utuh, membuat material ini lebih kuat dari kayu olahan. Kayu solid yang kerap digunakan antara lain kayu mahoni, sungkai, dan nyatoh.

+Tampilan alami. -Harga relatif lebih mahal, berpori besar, perlu perawatan ekstra karena mudah muai-susut, mudah terserang rayap, tidak tahan air, berjamur, dan lain-lain. Untuk area basah kurang terlihat higienis.

GRANIT granit termasuk material yang paling sering digunakan sebagai table top . Terbentuk dari batuan alami, membuat granit terkesan mewah dan elegan. Nuansa warna yang paling banyak dipilih adalah warna gelap dengan corak bintikbintik. Beberapa warna lain yang juga tersedia adalah abu-abu, cokelat, dan merah.

+Corak natural, harga relatif murah sampai dengan sedang. -Berpori sehingga noda dan kotoran dapat masuk, sambungan nat terlihat.

KERAMIK Siapa bilang keramik memberi kesan murahan? Perkembangan teknologi pembuatan keramik membuat material ini memiliki banyak varian warna dan motif yang memikat. Bahkan, warna dan coraknya bisa menyerupai material lain, seperti kayu, marmer, granit, dan sebagainya. Harganya pun cenderung lebih murah dibandingkan material table top lainnya.

+Kaya jenis corak dan warna, tahan cairan, cukup kuat, dan harga relatif lebih murah. -garis nat terlihat sehingga dapat mengurangi estetika dapur.

STAINLESS STEEL Material ini memberi kesan kokoh dengan tampilan futuristik ke dalam dapur Anda. Memiliki kandungan 10% Kromium membuatnya tahan terhadap karat. Hanya, penggunaan material stainless sebagai pelengkap table top hunian agak jarang digunakan. Material ini biasanya digunakan untuk dapur kafe atau restoran. Ini dikarenakan harganya yang retatif mahal dan tampilannya dianggap monoton.

+Kuat, keras, tahan api, tidak pecah, antikarat, dan tahan cairan. -Mudah tergores, harga relatif mahal, dan tampilan standar.

untuk rumah kurang lengkap jika belum memiliki sumber listrik alterntif seperti genset. Harga genset yang murah dan berkualitas bisa didapatkan melalui Distributor Jual Genset 300 Kva di Yogyakarta.