Buang Sampah Sistem

Teknorus.com – Windows dan aplikasi menyimpan berbagai ­file sampah. Anda bisa menyapu bersih ­ le tersebut dan menghemat ruang hard disk.

1 Hapus Backup Windows Lama Folder WinSxS di Windows sering memakan ruang hard disk (1a) karena Di situlah sistem menyimpan semua update dan service pack. Windows 7 memiliki opsi “Disk Cleanup” yang dapat ditemukan dalam menu start. Untuk bersih-bersih total, Anda dapt mengaktifkan “Windows Update CleanUp” (1b), “Service Pack backup file”, dan “Windows error report files”. Di sistem operasi Windows 8.1, folder ini akan dibersihkan secara otomatis sebulan sekali.

Baca juga : Gudang Movie

2 Bersihkan Sistem Aplikasi CCleaner dapat digunakan untuk membersihkan sistem. Fungsi “Cleaner” di aplikasi ini dapat menunjukkan berapa besar penghalang yang memberatkan sistem. Melalui aplikasi ini, dalam beberapa menit ratusan file penghambat tersebut dapat dihapus dengan aman.

3 Monitor Mata-mata Secara Online AdwCleaner dapat mengurus berbagai jenis file sampah yang menjengkelkan. Aplikasi ini dapat men-scan sistem dari jejak adware, toolbar, dan program mata-mata. Klik saja “Scan”, ia akan menganalisis sistem termasuk registry. Hasil scan dapat Anda bersihkan dengan mengklik “Clean”.

4 Mencari Sisa Data yang Tersembunyi Windows Explorer tidak menampilkan semua file. Masih ada file Windows Shadow Copy yang berhubungan langsung dengan sistem file NTFS. Untuk menghapusnya, klik kanan drive C, dan pilih “Properties”. jalankan “Disk Cleanup”. Selanjutnya, jalankan “Cleanup System Files”. Buka tab “More Options” dan arahkan ke “System restore and shadow copies | CleanUp” (4).

5 Mengoptimalkan Hard Disk Disk magnetik yang telah beroperasi untuk waktu yang cukup lama mungkin akan sangat terfragmentasi setelah sampah data dibersihkan. Dalam keadaan seperti itu, mereka membutuhkan pemeliharaan. Sebelum Anda mulai meng-install data lagi, Anda harus memeriksa tingkat fragmentasi. Awalnya, Anda dapat menggunakan Disk Defrag untuk memeriksa keadaan hard disk. Tandai partisi dan pilih “Analyse Selected”. Jika tingkat fragmentasi melebihi sepuluh persen, Anda harus memulai prosedur pembersihan melalui opsi “Defrag & Optimalisation”.