Cara Aman Naik Taksi

Pemberitaan tentang keamanan taksi membuat kita gundah ya. Coba ikuti tip di bawah ini agar Mama dapat memanfaatkan jasa taksi dengan lebih aman.

  • PILIH OPERATOR TAKSI TERPERCAYA. Mencegah risiko menjadi korban aksi kecurangan maupun kriminal dari oknum pengemudi taksi sebenarnya berada di tangan kita sendiri. Oleh sebab itu, pilih operator taksi yang benar-benar telah dipercaya reputasinya dan paling sedikit mendapat komplain.
  • HINDARI JAM-JAM RAWAN. Yaitu pukul 19.00 hingga 03.00 dinihari. Jikapun terpaksa, pesan taksi langsung dari operator. Secara otomatis, keamanan penum pang dan sopir taksi yang menjemput, dimonitor dan diawasi langsung oleh operator.
  • MINTA NOMOR DAN NAMA SOPIR TAKSI YANG AKAN MENJEMPUT. Saat memesan, minta nomor dan nama sopir taksi. Hal ini digunakan agar lebih memastikan bahwa taksi yang dipesan sesuai dengan apa yang diinformasikan oleh petugas resmi. Perusahaan taksi ternama, sekarang ini tanpa diminta akan mengirimkan SMS yang berisi nomor taksi (yang tercantum pada lambung mobil) dan perkiraan waktu datang. Pastikan taksi yang datang nomornya sesuai dengan yang tertera di SMS. Begitu naik segera catat nomor taksi, perusahaan, serta nama pengemudi yang kartu pengenalnya tertera di dashboard. Tuliskan dalam SMS lalu sebarkan ke orang-orang terdekat/teman agar mereka bisa memantau keberadaan Mama. Mencatat hal-hal ini dengan lengkap juga bisa membantu melacak bila ada barang yang hilang atau tertinggal.
  • CEK IDENTITAS PENGEMUDI. Saat naik, cocokkan tiga hal ini, yaitu wajah sopir, ID card yang tergantung di bajunya, serta yang ada di kartu pengenal di dashboard mobil. Jika tak cocok, segera turun mengingat masih ada sopir taksi yang menggunakan jasa sopir tembak sebagai pengganti.
  • JANGAN MEMAKAI BARANG BERHARGA. Seperti anting, cincin, gelang, atau kalung dari emas dan berlian. Hindari juga membawa ATM dengan saldo yang cukup banyak di dalamnya.
  • PILIH TEMPAT DUDUK YANG TEPAT. Duduklah bersilangan dengan kur si sopir, yakni di sisi sebelah kiri sehingga gelagat sopir yang men cu rigakan dapat terlihat. Segeralah telepon suami/kerabat dekat, bica ra lah keraskeras dan tegas Mama berada di dalam taksi A, dengan so pir bernama X, dan sedang ber ada di daerah B. Diharapkan, sopir yang bermaksud tak baik, akan ber pikir ulang. Ingat, saat naik taksi, hand phone ha rus selalu stand by agar kita bisa langsung menghubungi orang terdekat.
  • CEK ARGOMETER. Untuk menghindari pengeluaran yang tidak wajar akibat permainan argo, sebaiknya penumpang memeriksa argo sebelum dan selama taksi berjalan.

Informasi lengkap berikut ini adalah mengenai tempat terbaik kursus berbahasa Perancis di Jakarta.