Bangunan rumah yang terpisah dari alamnya akan terkesan mati dan tak berenergi. taman adalah salah satu wujud alam yang memberikan energi. Dekat dengan alam adalah salah satu cara yang ditempuh manusia untuk memperoleh kenyamanan hidup. Tak terkecuali ketika berada di rumah. Taman adalah cara mendekatkan diri dengan alam.

Baca juga : outdoor furniture

Karena itu, kehadiran taman dalam sebuah rumah adalah sesuatu yang mutlak, harus ada. Air merupakan salah satu unsur alam yang acap dihadirkan di dalam taman. Karakter air memberi efek positif, baik melalui tampilan maupun suaranya. Aliran, rambatan, curahannya, secara visual memberi pemandangan yang memesona serta menimbulkan rasa relaks bagi yang melihatnya.

Wujud aplikasi air pada taman sangat beragam, mulai dari yang simpel hingga yang sangat kompleks, yang menggabungkan unsur-unsur taman seperti tanaman, bebatuan, air dan unsur kehidupan seperti ikan atau hewan lainnya.

Taman Kolam

Taman yang menghias fasad rumah milik keluarga Yudi dan Hanny ini, berupa taman kolam dengan sentuhan beberapa unsurunsur taman di dalamnya. Disebut taman kolam karena elemen air mendominasi. Karakter air yang sejuk, serta gerakan dan suaranya yang menenangkan, hadir melalui pancuran mini yang ada di salah satu sisi kolam. Kolamnya sendiri didesain simpel dengan garis-garis geometris yang tegas.

Bentuk ini dipilih agar sesuai dengan desain bangunan rumah yang mengaplikasikan desain modern dengan unsur-unsur tropis di dalamnya. Tanaman hijau, kayu, dan bebatuan alam, serta pemanfaatan cahaya matahari yang maksimal, merupakan elemen tropis yang hadir dalam desain bangunan rumah ini. Sedangkan unsur modern hadir melalui bentuk kolam yang simpel dan aplikasi material kaca di teritisan yang berada di atas taman.

Punya Banyak Peran

Selain menjadi focal point di depan rumah, kehadiran taman kolam ini juga berperan menjadi sumber udara bersih dan segar yang dialirkan ke dalam rumah, menyejukkan, dan mendinginkan udara di sekitar rumah. Dinding depan rumah yang didominasi dengan unsur mati dengan material batu dan kaca menjadi terlihat hidup.