Penyebab Genset Rusak

Genset merupakan alat penghasil tegangan listrik dengan bahan bakar bensin atau solar. Penggunaan genset saat ini semakin meningkat. Genset mempunyai mesin yang mampu menghasilkan energi untuk kebutuhan listrik. Seiring dengan penggunaan genset yang semakin lama, dapat menyebabkan genset mengalami kerusakan. Inilah penyebab genset rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Genset pasti mengeluarkan tegangan sesuai dengan kapasitas genset tersebut. Jika ternyata tegangan yang keluar tidak sesuai dengan yang seharusnya, maka terjadi masalah pada genset tersebut. Bagi Anda yang tinggal di Makasar, Anda dapat mencari supplier genset makassar untuk menemukan genset yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Faktor Penyebab Genset Mudah Rusak

  1. Terdapat masalah pada AVR

AVR mempunyai peran penting dalam genset. Jika AVR tersebut mengalami kendala atau masalah maka akan menyebabkan arus atau tegangan tidak keluar dengan baik. Jika tidak segera ditangani, maka AVR akan rusak dan genset tidak dapat mengeluarkan tegangan listrik.

  1. Terdapat masalah pada exciter

Penyebab genset rusak dapat terjadi pada bagian exciternya. Masalah tersebut muncul pada gulungan exciter atau pada rotor dan statornya. Kemungkinan kedua gulungan tersebut terjadi masalah sehingga tegangan tidak keluar. Jika terdapat masalah pada exciter, Anda harus mengeceknya dulu.

  1. Terdapat kabel yang rusak

Kabel menjadi perangkat penting yang harus selalu diperiksa. Kabel yang mengalami masalah seperti rusak atau terputus dapat menyebabkan tegangan tidak keluar dengan sempurna. Jika kabel tidak segera diganti, maka kabel lain akan mengalami kerusakan dan genset akhirnya down atau rusak.

  1. Mesin tidak beroperasi

Mesin genset dapat menjadi penyebab tegangan tidak keluar dengan baik. Jika terjadi masalah pada mesin, maka cara memperbaikinya dengan menghidupkan mesin penggerak genset dan pastikan putaran mesin genset tersebut sudah normal dengan kecepatan 1500 rpm. Jika kecepatan mesin tidak bisa mencapai normal, maka genset telah mengalami kerusakan.

Jika genset sudah bermasalah, harus segera ditangani dengan cepat agar kerusakan tersebut tidak melebar ke bagian yang lainya. Genset menggunakan bahan bakar bensin atau solar, sesuai dengan kapasitas genset tersebut. Bahan bakar genset yang paling sering digunakan adalah bensin. Bensin merupakan salah satu bahan bakar yang mudah ditemukan dan dapat dijadikan bahan bakar genset

Kategori: Mesin