Keluar dari trilogi

Mass Effect 3 sempat dikatakan sebagai seri terakhir dari petualangan komandan Shepard. Jika Anda telahg menyelesaikannya, memang benar bahwa kisah hidup Shepard sudah berakhir. Namun, bukan berarti bahwa franchise Mass Effect tutup usia. Pada ajang Electronic Entertainment Expo 2014, melalui presentasi oleh Electronic Arts, BioWare telah memastikan bahwa Mass Effect seri keempat tengah dikembangkan. Karakter yang akan menjadi sorotan utamanya pun bukanlah Shepard. Seri terbaru ini memungkinkan perluasan dunia fantasi Mass Effect menjadi lebih luas. Sangat tidak terbayangkan seluas apa dunia yang akan ditawarkan karena pada seri sebelumnya, pemain diberikan akses untuk menjelajah galaksi dengan planet yang tak terhitung jumlahnya.

Profil BioWare

BioWare adalah studio game asal Kanada yang didirikan pada tahun 1995. Studio ini didirikan oleh enam orang. Ray Muzyka, Greg Zeschuk, Trent Oster, Brent Oster, Marcel Zeschuk, dan Augustine Yip. Ray Muzyka, Greg Zeschuk, dan Augustine Yip saat itu merupakan mahasiswa kedokteran yang baru saja lulus dari Universitas Alberta. Semasa kuliah, ketiganya memperlajari pemrogramman yang berkaitan dengan ilmu kedokteran, ditambah dengan bermain video game sebagai salah satu hobi.

Kesuksesan dalam dunia kedokteran secara langsung membantu pendirian BioWare dari segi finansial. Ketika studio ini mulai beroperasi, beberapa diantara mereka masih menjadikan game sebagai sebuah usaha “sampingan”, sampai akhirnya mereka sadar bahwa game bisa menjadi sesuatu yang mendatangkan banyak uang. Oleh karena itu, ada yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan sebagai dokter dan mencurahkan raga dan jiwanya untuk pengembangan game. Saat itu, role-playing identik dengan permainan menggunakan sebuah kertas berukuran besar.

Kerta tersebut adalah wilayah permainan yang di atasnya diletakkan karakter-karakter seperti action figure. Papan permainan role-playing ini kemudian menjadi inspirasi utama mereka dalam menciptakan video game RPG. Usaha mereka ini berhasil diwujudkan melalui Baldur’s Gate yang menggunakan lisensi dari Dungeons & Dragons. Sekadar informasi, Baldur’s Gate tercipta atas masukkan dari publisher yang bekerja sama dengan BioWare pada saat itu, Interplay Entertainment. Dari Baldur’s Gate inilah BioWare juga menciptakan game engine pertama mereka, Infinity Engine.