Ingin tampilan batu alam tetap terlihat cantik, bebas lumut, dan tak dihinggapi debu? Anda bisa melindunginya dengan cat pelapis khusus batu alam. Banyak orang yang tertarik mengaplikasi batu alam karena material ini sanggup membuat rumah terlihat cantik dan memberi kesan alami. Tak hanya di interior, batu alam banyak menghias eksterior rumah, khususnya di area taman.

Apabila dijadikan pada eksterior batu alam rentan terkena jamur, kotor dan lumut. Ini dikarenakan batu alam langsung bersentuhan dengan ruang terbuka dan cuaca ekstrim. Ya, hujan dan panas dapat membuat batu alam berubah warna, berlumut, dan berjamur. Di sisi lain, karakteristik batu alam yang berpori membuat material ini kian rentan dihinggapi lumut, jamur, dan debu. Jika hal ini terjadi pada batu alam Anda, dipastikan keindahannya akan membuat rumah terkesan jorok dan tidak terawat.

Agar hal tersebut tidak terjadi maka berikan perlindungan pada batu alam agar tetap menarik. Ir. A. Djajaprasetya, MBA, ahli cat PT Indowira Putra Paint Factory, menjelaskan bahwa sifat batu alam yang memiliki pori-pori cukup besar membuat material ini wajib diberi perlindungan. “Secantik apapun batu alam, jika tidak dilindungi permukaannya, cepat atau lambat akan berubah warna karena debu dan rentan terserang lumut,” ucapnya.

Untuk itu, jika Anda berniat mengaplikasi batu alam di dinding rumah, Anda wajib memberi lapisan pelindung khusus batu alam. Salah satu cat yang bisa Anda gunakan adalah Attaboy Natural Stone Protector. Jenis cat ini berguna untuk melindungi batu alam dari masalah lumut, kotor dan jamur.

Bahkan, cat ini mampu melindungi batu dari hujan dan panas. Yang perlu Anda perhatikan adalah setelah batu alam selesai dipasang di dinding atau media apapun, Anda harus segera mengecatnya. Pengecatan dilakukan sebanyak 2x dengan teknik mengayam. Pengecatan pertama dilakukan secara mendatar dan pengecatan kedua dilakukan secara vertikal.

Jarak dari pengecatan pertama ke pengecatan kedua sebaiknya ada jeda waktu 30 menit, karena cat sudah kering sentuh. Setelah pengecatan ke dua, biarkan cat ini mengering sempurna. Waktu keringnya adalah 8 jam. Artinya, selama jangka waktu 8 jam cat ini tidak boleh terkena air hujan dan sebaiknya tidak terpapar langsung sinar matahari. Cat ini hadir dalam beberapa variasi, ada yang transparan dan solid (hitam).

Selain itu, efeknya pun ada yang mengilap dan tidak. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika Anda ingin tampilan batu alam sealami mungkin, Anda bisa memilih cat yang transparan dan efek tidak mengilap. Yang menarik, perawatannya cukup mudah. Jika ada debu yang menempel di dinding batu alam, Anda bisa mengelapnya dengan kain basah dan kotoran pun langsung hilang.

Debu ini tidak akan masuk ke dalam pori-pori batu karena pori-porinya sudah terisi cat pelindng batu alam. Agar tetap terjaga, Anda wajib mengecat ulang per 3 tahun sekali. Cat Attaboy Natural Stone Protector ini per liternya dibandrol dengan harga Rp56.000 per liter. Untuk 1 liter catnya bisa melapisi permukaan batu alam seluas 8—10m2 (batu paras palimanan). Sementara untuk batu lainnya bervariasi, karena semakin besar pori-pori, semakin boros pemakaian catnya.

Selain merawat batu alam di rumah tentunya rumah juga perlu ditambahkan instalasi genset sebagai listrik cadangan. Genset sangat bermanfaat ketika listrik dari PLN sedang padam. Harga genset silent 350 kva di Surabaya bisa didapatkan dengan harga murah. Apabila membelinya dari distributor resmi genset yang memberikan harga diskon.

Kategori: Rumah