Memasuki pertengahan musim panas, suasana liburan begitu terasa di kota Kyoto, Jepang. Pagi yang panas pun tak menyurutkan langkah para wisatawan pagi itu. Ya, kota Kyoto memang merupakan salah satu tujuan utama wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Damai, itulah kesan pertama yang dirasa dari kota yang pernah menjadi ibukota Jepang ini. Suasana tradisional dan modernitas melebur menjadi satu, menjadi daya tarik utama kota ini.

Kota Kyoto pernah menjadi pusat pemerintahan Jepang di era kekaisaran Tokugawa. Maka tak heran jika situs-situs bersejarah tersebar di segala penjuru. Baik bangunan pemerintahan maupun kuil-kuil kuno dapat kita temukan di tiap sudut kota. Semua bangunan bersejarah di kota ini pun dijaga dengan baik. Di antara ratusan bangunan bersejarah di kota Kyoto, terdapat sebuah kuil kuno yang menjadi ikon kota Kyoto. itulah Kiyomizudera, atau kuil Kiyomizu, sebuah kompleks kuil berusia ratusan tahun.

Tersembunyi di antara pepohonan, ia masih tetap berdiri megah di kaki pegunungan Higashiyama, bagian Timur kota Kyoto. Jalan menanjak distrik Higashiyama akan langsung mengantar Anda ke pintu masuk kuil Kiyomizu. Meskipun jaraknya tidak jauh dari pusat kota, kuil Kiyomizu berada di atas bukit dan dikelilingi hutan yang masih asri. Berkunjung ke kuil Kiyomizu, Anda pun akan dibawa menjelajah ke masa lalu.

Lebih Tua Daripada Kyoto

Kuil Kiyomizu merupakan kuil Budha yang dibangun pertama kali pada tahun 778. Dahulu kala, seorang pendeta bernama Enchin membangun kuil kecil di perbukitan sebagai persembahan untuk Dewi Kannon. Dua tahun berselang, Jenderal Sakanoue Tamamuro turut serta dalam pembangunan kuil tersebut. Ia menamainya kiyo mizu, terinspirasi dari sebuah air terjun yang berada di dekat kuil. Ya, kiyomizu memang berarti “air yang jernih”. Melihat sejarahnya yang panjang, maka tak salah jika kuil Kiyomizu disebut-sebut berumur lebih tua dibandingkan kota Kyoto sendiri. Saat ini kuil Kiyomizu merupakan salah satu simbol kota Kyoto dan tujuan wisata utama di Jepang. Kuil ini dinobatkan sebagai situs UNESCO World Heritage sejak 1994 dan salah satu dari 21 kandidat 7 Keajaiban Dunia yang baru.

“ Bangunan Kuno sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata karena memiliki daya tarik sejarah dan artistik yang unik.” Pada malam hari tentunya dibutuhkan sebuah genset disetiap tempat wisata. Karena genset sangat berguna ketika aliran listrik dari pusat terjadi pemadaman. Harga genset yang murah dan berkualitas bisa didapatkan dari distributor jual genset 1250 Kva di Surabaya. Selain harga yang murah dan produk yang berkualitas, tak lupa juga bergaransi resmi.