Dear OTOMOTIF. Saya mempunyai Nissan March warna grey tahun 2011. Cat sudah agak kusam dan sudah ada baret di sekeliling mobil serta beberapa bagian bekas keserempet motor dan agak dalam. Yang mau saya tanyakan:

1.Di manakah bengkel cat yang bagus pengerjaannya dan dapat dipercaya di daerah Tangerang, Tangsel dan Jaksel? Saya ingin catnya terlihat wet look seperti mobil mewah/kontes.

2.Kalau ingin wet look apa lebih baik membeli bahan-bahan untuk pengecatan sendiri dan saya hanya bayar biaya pengerjaan atau dipercayakan memakai bahan dari bengkel? Kalau beli bahan sendiri apa saja yang harus saya beli dan di mana saya membelinya?

3.Saya memakai pelek racing 18 inci dan per custom. Saya ingin menggunakan pelek 16 inci, kira-kira pelek apa ya yang pas agar lebih keliatan racing? Dan profl ban yang baik berapa?

4.Saya ingin menggunakan lowering kit merek apa yang bagus dan nyaman? Di mana saya harus membeli dan berapa kisaran harganya?

Raja Sahala BSD, Tangerang

Dear mas Raja, salam kenal mas. Coba saya langsung jawab ya:

1.Ada beberapa bengkel sih mas, tapi ini sebagian untuk dijadikan pilihan. Coba kontak bengkel Masomenos Bodywork di Jl H. Nawi No.15AB, Jaksel melalui nomor telepon 0818- 770045/0878-76575763 atau di New Face di Jl. Karang Tengah No.11B, Lebak Bulus, Jaksel melalui nomor telepon 021-7396744. Kalau boleh usul, coba mas Raja sambangi salon mobil untuk proses detailing dulu deh. Tujuannya saat kondisi bodi benar-benar bersih, akan ketahuan apakah memang bodi butuh pengecatan ulang. Soalnya, masih ada beberapa kondisi baret yang bisa hilang setelah dilakukan detailing. Pun begitu dengan kondisi catnya. Siapa tahu, tak perlu cat ulang seluruh bodi tapi hanya sebagian saja. Lumayan kan kalau bisa irit dananya.

2.Sebaiknya langsung diserahkan saja ke bengkelnya saja mas. Soalnya, masing-masing bengkel pasti sudah punya racikan tersendiri. Yang penting saat mengobrol di awal, yakinkan apa yang diinginkan mas Wahyu akan terpenuhi nanti di hasil jadinya. Tentu hasilnya bisa berbeda-beda tergantung range harganya mas. Sesuaikan bujet saja.

3.Pilihannya juga banyak nih mas. Spesifkasi pelek March yang memiliki PCD 100 mudah dicari kok persamaannya. Tapi prinsipnya kalau mau tampil sporty, cari pelek model palang. Bisa palang 5 atau 6 dan jangan pakai pelek dengan warna krom. Warna gun metal, putih atau hitam akan lebih mencirikan aura racing. Pun begitu, saat mencari pastikan o?set-nya di angka +45 dengan ukuran ban maksimal 195/55R16 agar ban tidak mentok fender.

4.Lowering kit yang banyak beredar ada Tein dan Eibach mas. Kalau rajin mencari, banyak yang menjual di forum jual beli online. Harganya di kisaran Rp 650 ribu sampai Rp 1 jutaan. Oh iya, menurut saya tak perlu beli baru sih mas, yang penting pastikan kalau lowering kit yang dibeli bukan bekas dipotong agar handling-nya tidak berubah terlalu banyak. Coba saja kontak bengkel Jaya Abadi Motor di Pasar Mobil Kemayoran Blok E No.33-35 atau melalui telepon 021-65865985, ada juga Hayati Motor di Mega Glodok Kemayoran lantai 6, Blok B2 No.21 atau telepon di 0852-19138111